Dubes Belanda Tawarkan Bobby Nasution Kerjasama Penanganan Sampah

 


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Pemko Medan membuka diri bagi siapa saja yang ingin berkontribusi dalam penanganan sampah. Sebab, persoalan sampah masuk program prioritas yang ingin dituntaskan Wali Kota Medan Bobby Nasution hingga berakhir masa  jabatannya sebagai Wali Kota Medan.



"Banyak perusahaan mengajak Pemko Medan bekerja sama dengan Pemko Medan untuk mengatasi permasalahan sampah,' kata Bobby Nasution didampingi Wakil Wali Kota H Aulia Rachman saat menerima Audiensi Duta Besar Belanda HE Lambert Grijns di Balai Kota Medan, Selasa (7/2).



Saat ini, jelas Bobby Nasution, Pemko Medan telah melakukan kesepakatan bersama dengan PT PLN (Persero) sebagai landasan penyelenggaraan kerjasama dalam penelitian dan pengembangan pengelolaan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat  untuk cofiring Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sehingga memberikan manfaat bagi Pemko Medan dan PT PLN (Persero) 



Dalam penanganan sampah, jelas Bobby Nasution, terus  memperkuat sarana serta prasarana guna mendukung percepatan  penanganan sampah yang dilakukan. Selain itu, imbuhnya, melimpahkan kewenangan pengelolaan persampahan kepada kecamatan agar penanganannya lebih maksimal.



Tidak itu saja, papar Bobby Nasution, Pemko Medan juga telah mengubah sistem pengolahan sampah di TPA Terjun yang sebelumnya open dumping menjadi sanitary landfill. "Insya Allah, Februari ini sistem itu sudah dapat dioperasikan," ungkapnya seraya menambahkan, Pemko Medan juga terus berinovasi dengan menyiapkan lahan sebagai TPA yang berada di daerah Telun Kenas,  Kabupaten Deli Serdang.



Sementara itu Duta Besar (Dubes) Belanda HE Lambert Grijns kepada Bobby Nasution menjelaskan, tujuan kedatangan mereka untuk menawarkan kerja sama  waste management dan renewable energi. Dikatakannya, Waste Management merupakan aktivitas mengelola sampah dari awal hingga pembuangan.



Oleh karenanya  Lambert berharap dapat berkolaborasi dengan  Pemko Medan untuk bisa mengembangkan lebih jauh lagi waste management tersebut. "Saya ucapkan terima kasih telah menerima kami dan ini menjadi kehormatan bagi kami. Tentunya kami berharap hubungan antara Pemko Medan dengan Pemerintah Belanda terus terjalin sehingga dapat berkolaborasi bersama-sama ke depannya," harap Lambert. (red)

Posting Komentar untuk "Dubes Belanda Tawarkan Bobby Nasution Kerjasama Penanganan Sampah"

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Silahturahmi Bersama Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut, Ini Kata H Musa Rajekshah

Mabuk, David Chandra Aniaya Pengacara Sun Sin SH MH, Jari Tangan Patah Dihantam Kursi

Hendak ke Rumah Mertua di Lubuk Pakam, Warga Langkat Dikeroyok Preman, Minta Kapolresta Deli Serdang Tangkap Pelakunya

Kapolrestabes Medan Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat 93 Personel

Kapolda Sumut Diganti, Ini Sosok Pengganti Irjen Panca Putra Simanjuntak

Jumat Berkah, Komunitas Satu Hati Salurkan 200 Paket Sembako Wakapolri Komjen Agus Andrianto ke Masyarakat

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Warga Desa Sei Buluh Resah, Limbah Pabrik PT SJA Diduga Beracun