Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Politikus senior Panda Nababan menilai jika Bobby Nasution tidak memiliki prestasi selama menjabat sebagai Wali Kota Medan. 

Tapi nyatanya Bobby memiliki sejumlah prestasi selama menjabat hampir dua setengah tahun.

Berdasarkan KBBI, kata prestasi memiliki makna hasil yang telah dicapai dari yang telah dilakukan, dikerjakan dan sebagainya. Berangkat dari makna prestasi itu, berikut sejumlah prestasi Bobby selama menjabat sebagai Wali Kota Medan sejak dilantik awal 2021.

1. Raih WTP dari BPK 3 Kali Berturut-turut

Bobby Nasution selama menjabat sebagai Wali Kota Medan meraih wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). WTP itu diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Medan.

Bobby sendiri meraih WTP sejak awal menjabat hingga LKPD 2022. Bobby berharap raihan WTP itu menjadi semangat bersama untuk membuat laporan yang lebih baik ke depannya.

"Mudah-mudahan ini menjadi semangat bersama, terutama dalam menyajikan laporan yang lebih baik ke depannya," ucap Bobby Nasution, Kamis (25/5/2023).

2. Pembangunan Jembatan Sicanang

Di masa Wali Kota Medan dijabat oleh Bobby Nasution, jembatan di Sicanang, Medan Belawan, Medan akhirnya selesai dibangun. Peresmian jembatan itu dilakukan Bobby pada Kamis (29/12/2022).

Jembatan ini sendiri awalnya roboh pada tahun 2015 dan kemudian direncanakan dibangun, namun tidak kunjung terealisasi. Bahkan sejumlah pejabat ditetapkan sebagai tersangka pembangunan jembatan ini karena diduga koruspi anggaran tahun 2019.

3. Pembinaan UMKM hingga Tembus Pasar Ekspor

Selama menjabat, Bobby Nasution terus menggalakkan para pelaku UMKM untuk terus berinovasi. Bobby memberikan ruang dan pelatihan kepada para pelaku UMKM.

Selain itu, Pemkot Medan juga mempermudah dan membantu para pelaku UMKM untuk mengurus perizinan. Hasilnya, ada beberapa pelaku UMKM yang dibina Pemkot Medan berhasil mengekspor dagangannya ke lima negara.

4. Angka Stunting di Medan Turun

Bobby Nasution berhasil menurunkan jumlah anak penderita stunting di Kota Medan. Pad tahun 2022, jumlah anak penderita stunting 550, turun menjadi 298 anak di 2023.

Program Bapak Asuh yang digagas oleh Bobby disebut menjadi salah satu faktor turunnya angkat stunting. Bapak asuh yang diisi oleh para pejabat Pemkot Medan, Forkopimda dan petinggi Pelindo memberikan bantuan per bulan kepada keluarga anak penderita stunting.

5. Pemkot Medan Perbaiki Jalan Provinsi

Bobby Nasution mengambil alih perbaikan tiga jalan provinsi yang merupakan tanggung jawab Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Total panjang ketiga jalan itu mencapai 6,9 kilometer.

Ketiga jalan berstatus provinsi itu adalah Jalan Marelan Raya, Jalan TB Simatupang, dan Jalan Setia Budi tepatnya di Simpang Selayang. Perbaikan jalan itu dilakukan setelah Gubernur Sumut menerbitkan Surat No.600.1.7/1834/2023 tentang Berita Acara Pendelegasian Kewenangan Penanganan Pemeliharaan Rutin dan Berkala di Ruas Jalan Provinsi di Kota Medan.

6. Program Pemuda Bela Negara (PBN)

PBN merupakan program yang diluncurkan oleh Bobby Nasution untuk mencegah aksi tawuran hingga geng motor di Medan. PBN sendiri diluncurkan bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di awal 2023.

Bobby menuturkan dalam program yang diresmikan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto ini, telah dididik sebanyak 100 pemuda. Di mana salah satunya sudah lulus menjadi anggota TNI.

"Salah seorang peserta pelatihan Pemuda Bela Negara ini telah berhasil menjadi anggota TNI," kata Bobby, Selasa (4/7/2023).

7. Berobat di Medan Pakai e-KTP

Selain di bidang infrastruktur, Bobby Nasution juga berhasil memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Medan melalui program Universal Health Coverage (UHC). Dalam program ini, warga Kota Medan dapat berobat ke rumah sakit secara gratis hanya menggunakan KTP.

Program ini berlaku di rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kota Medan. Berobat secara gratis tersebut berlaku mulai per tanggal 1 Desember 2022.

"Alhamdulillah, sebagai salah satu program prioritas di bidang kesehatan, hari ini kita telah mencapai tahap untuk mengcover masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Mudah-mudahan ini bisa membawa kebaikan bagi masyarakat Kota Medan, " kata Bobby Nasution dalam keterangannya, Senin (28/11/2022) yang lalu. (red)

Posting Komentar untuk "Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan"

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Dihadiri Ketum MPN PP Japto Soelistyo, Puluhan Ribu Kader Semarakkan Muswilub Pemuda Pancasila Sumatera Utara 2022-2027

Warga Desa Sei Buluh Resah, Limbah Pabrik PT SJA Diduga Beracun

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab/ Kota Deklarasi, Dukung Ijeck Jadi Ketua MPW PP Sumut

Penyanyi Kota Medan Lisa Ong,Sedang Naik Daun Berbuat Tanpa Pamrih

Silahturahmi Bersama Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut, Ini Kata H Musa Rajekshah

Job Fair Disnaker di Medan Belawan Sediakan 557 Lowongan Kerja

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi