Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Mandikan Jenazah di Deli Serdang



DELISERDANG | SATUHATISUMUT.COM - Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (6/2/2023). Pelatihan itu diikuti oleh puluhan warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang.



Para peserta diedukasi tentang tata cara memandikan jenazah yang merupakan kegiatan fardu kifayah bagi masyarakat. Korda Usbat Ganjar di Deli Serdang Ahmad Thalhah menyatakan pihaknya sengaja menggelar pelatihan memandikan jenazah di wilayah ini. Menurut dia, tidak semua warga bisa memenuhi hak orang yang sudah meninggal tersebut.



"Untuk menambah ilmu, kami berinisiatif memberikan pelatihan fardu kifayah, khususnya bagian memandikan jenazah, agar pelaksanaan ini selanjutnya bisa diaplikasikan oleh masyarakat," kata Thalhah dalam keterangan tertulis, Senin (6/2/2023).



Dia berharap warga Deli Serdang, khususnya di Dusun V, Kecamatan Petumbak, bisa memandikan jenazah sehingga dapat memenuhi hak warga yang meninggal dunia.



"Kami berharap para warga ini mampu secara mandiri memandikan jenazah di daerah setempat sehingga hal ini membawa manfaat bagi daerah sekitar," ungkap Thalhah.



Narasumber pelatihan memandikan jenazah sekaligus Korda Usbat Ganjar di Medan Ahmad Dairobi menjelaskan tata cara memandikan jenazah kepada warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang. Mulai menyiram tubuh jenazah hingga bersih dengan sabun sampai mewudui jenazah.



"Pertama, jenazah dibawa ke pemandian, lalu sekujur tubuh disiram dan dibersihkan dengan sabun. Kemudian, dicek kebersihannya. Setelah itu, disiram dengan air wewangian dan diwudui. Begitu sekiranya," jelas Ahmad.



Usbat Ganjar rencananya terus menggelar kegiatan positif, khususnya pelatihan kepada imam-imam di masjid dalam memimpin jemaahnya. Selain itu, Usbat Ganjar di Deli Serdang juga memberikan pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan Majelis Taklim An Nur di Kecamatan Petumbak. (*/red)

Posting Komentar untuk "Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Mandikan Jenazah di Deli Serdang"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Resmikan Ponpes Tahfiz KH Muhammad Ya’cub, H Kodrat Shah Ajak Kader PP Lebih Dekatkan Diri Dengan Ilmu Agama

Diduga Nistakan Agama Konghucu, Kapolres Asahan Diminta Tangkap Rahmat alias Aling CS

Dani Ginting, Caleg Partai Nasdem Bantu Korban Kebakaran, Berikan Bahan Material Bangunan

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Pria Pencuri Lampu di Jalan Asia Medan Ditembak Polisi

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Pawai Tarian Naga Liong di Vihara Maha Maitreya Pecahkan Rekor Muri

Real Count KPU 34%: Golkar Unggul di Sumut, Disusul PDIP-NasDem