Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Mandikan Jenazah di Deli Serdang



DELISERDANG | SATUHATISUMUT.COM - Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (6/2/2023). Pelatihan itu diikuti oleh puluhan warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang.



Para peserta diedukasi tentang tata cara memandikan jenazah yang merupakan kegiatan fardu kifayah bagi masyarakat. Korda Usbat Ganjar di Deli Serdang Ahmad Thalhah menyatakan pihaknya sengaja menggelar pelatihan memandikan jenazah di wilayah ini. Menurut dia, tidak semua warga bisa memenuhi hak orang yang sudah meninggal tersebut.



"Untuk menambah ilmu, kami berinisiatif memberikan pelatihan fardu kifayah, khususnya bagian memandikan jenazah, agar pelaksanaan ini selanjutnya bisa diaplikasikan oleh masyarakat," kata Thalhah dalam keterangan tertulis, Senin (6/2/2023).



Dia berharap warga Deli Serdang, khususnya di Dusun V, Kecamatan Petumbak, bisa memandikan jenazah sehingga dapat memenuhi hak warga yang meninggal dunia.



"Kami berharap para warga ini mampu secara mandiri memandikan jenazah di daerah setempat sehingga hal ini membawa manfaat bagi daerah sekitar," ungkap Thalhah.



Narasumber pelatihan memandikan jenazah sekaligus Korda Usbat Ganjar di Medan Ahmad Dairobi menjelaskan tata cara memandikan jenazah kepada warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang. Mulai menyiram tubuh jenazah hingga bersih dengan sabun sampai mewudui jenazah.



"Pertama, jenazah dibawa ke pemandian, lalu sekujur tubuh disiram dan dibersihkan dengan sabun. Kemudian, dicek kebersihannya. Setelah itu, disiram dengan air wewangian dan diwudui. Begitu sekiranya," jelas Ahmad.



Usbat Ganjar rencananya terus menggelar kegiatan positif, khususnya pelatihan kepada imam-imam di masjid dalam memimpin jemaahnya. Selain itu, Usbat Ganjar di Deli Serdang juga memberikan pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan Majelis Taklim An Nur di Kecamatan Petumbak. (*/red)

Posting Komentar untuk "Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Mandikan Jenazah di Deli Serdang"

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Silahturahmi Bersama Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut, Ini Kata H Musa Rajekshah

Mabuk, David Chandra Aniaya Pengacara Sun Sin SH MH, Jari Tangan Patah Dihantam Kursi

Hendak ke Rumah Mertua di Lubuk Pakam, Warga Langkat Dikeroyok Preman, Minta Kapolresta Deli Serdang Tangkap Pelakunya

Kapolrestabes Medan Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat 93 Personel

Kapolda Sumut Diganti, Ini Sosok Pengganti Irjen Panca Putra Simanjuntak

Jumat Berkah, Komunitas Satu Hati Salurkan 200 Paket Sembako Wakapolri Komjen Agus Andrianto ke Masyarakat

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Warga Desa Sei Buluh Resah, Limbah Pabrik PT SJA Diduga Beracun