Tekan Inflasi di Bawah Lima Persen, Petani Dairi Pasok Cabai Merah 40 Ton/Bulan ke Kota Medan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu usai menandatangani MoU

MEDAN | SATUHATISUMUT.COM -  Para petani tergabung di Koperasi Aur Dairi Botanikal, Kabupaten Dairi, Sumut, memasok cabai merah sebanyak 40 ton/bulan ke Kota Medan guna menekan angka inflasi di bawah lima persen.


"Paling cepat bulan Mei 2023, terealisasi cabai merah dari petani Dairi sebanyak 10 ton/pekan mulai masuk ke Medan," terang Dirut Perumda Pasar, Suwarno di Medan, Sumut, Jumat (17/2).


Hal ini, lanjut dia, merupakan realisasi dari kerja sama antardaerah (KAD) penghasil produk hortikultura Pemkab Dairi dan Pemkot Medan yang direncanakan tahun lalu.


Selama ini komoditi cabai merah, cabai rawit dan bawang merah adalah penyumbang inflasi terbesar sekitar 20 persen di Sumatera Utara berasal dari Kota Medan.


Data Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan di Desember 2022 mencatat kebutuhan cabai merah sekitar 454 ton/bulan, cabai rawit 146 ton/bulan dan bawang merah 340 ton/bulan.


"Mau kita begitu MoU, kita langsung ambil. Tapi petani dan pemerintah daerah enggak mau. Jadi ada masa tanam empat bulan," kata Suwarno yang pimpinan salah satu BUMD milik Pemkot Medan ini.


Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menandatangani nota kesepahaman (MoU) KAD di bidang pangan di Sidikalang, Dairi, Sumut, Senin (6/2).


"KAD kita cuma cabai, tapi nanti turunannya banyak. Bisa bawang, dan lain-lain. Fokus kita sekarang cabai merah," tutur dirut Perumda Pasar yang melakukan perjanjian KAD Pemkot Medan dan Pemkab Dairi itu.


Wali Kota Medan, Bobby Nasution usai menandatangani MoU pekan lalu mengatakan dibutuhkan kesigapan mengantisipasi inflasi untuk meminimalisir dampak, terutama bagi Provinsi Sumut.


"Kerja sama ini sebagai upaya kita mengendalikan inflasi sesuai instruksi bapak Presiden kepada seluruh kepala daerah. Selain itu, memenuhi kebutuhan warga Kota Medan," katanya.


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengaku bangga karena Pemkab Dairi mendapatkan kepercayaan untuk mendukung kebutuhan pangan bagi masyarakat Kota Medan.


"Pak Bobby komit melihat petani Dairi setahap demi setahap bisa, dan semakin sejahtera. Terima kasih atas kerjasama ini. Semoga kebutuhan pangan di Kota Medan terpenuhi," ujarnya. (*/red)

Posting Komentar untuk "Tekan Inflasi di Bawah Lima Persen, Petani Dairi Pasok Cabai Merah 40 Ton/Bulan ke Kota Medan "

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Resmikan Ponpes Tahfiz KH Muhammad Ya’cub, H Kodrat Shah Ajak Kader PP Lebih Dekatkan Diri Dengan Ilmu Agama

Diduga Nistakan Agama Konghucu, Kapolres Asahan Diminta Tangkap Rahmat alias Aling CS

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Dani Ginting, Caleg Partai Nasdem Bantu Korban Kebakaran, Berikan Bahan Material Bangunan

Pria Pencuri Lampu di Jalan Asia Medan Ditembak Polisi

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Pawai Tarian Naga Liong di Vihara Maha Maitreya Pecahkan Rekor Muri

Real Count KPU 34%: Golkar Unggul di Sumut, Disusul PDIP-NasDem