Tekan Inflasi di Bawah Lima Persen, Petani Dairi Pasok Cabai Merah 40 Ton/Bulan ke Kota Medan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu usai menandatangani MoU

MEDAN | SATUHATISUMUT.COM -  Para petani tergabung di Koperasi Aur Dairi Botanikal, Kabupaten Dairi, Sumut, memasok cabai merah sebanyak 40 ton/bulan ke Kota Medan guna menekan angka inflasi di bawah lima persen.


"Paling cepat bulan Mei 2023, terealisasi cabai merah dari petani Dairi sebanyak 10 ton/pekan mulai masuk ke Medan," terang Dirut Perumda Pasar, Suwarno di Medan, Sumut, Jumat (17/2).


Hal ini, lanjut dia, merupakan realisasi dari kerja sama antardaerah (KAD) penghasil produk hortikultura Pemkab Dairi dan Pemkot Medan yang direncanakan tahun lalu.


Selama ini komoditi cabai merah, cabai rawit dan bawang merah adalah penyumbang inflasi terbesar sekitar 20 persen di Sumatera Utara berasal dari Kota Medan.


Data Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan di Desember 2022 mencatat kebutuhan cabai merah sekitar 454 ton/bulan, cabai rawit 146 ton/bulan dan bawang merah 340 ton/bulan.


"Mau kita begitu MoU, kita langsung ambil. Tapi petani dan pemerintah daerah enggak mau. Jadi ada masa tanam empat bulan," kata Suwarno yang pimpinan salah satu BUMD milik Pemkot Medan ini.


Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menandatangani nota kesepahaman (MoU) KAD di bidang pangan di Sidikalang, Dairi, Sumut, Senin (6/2).


"KAD kita cuma cabai, tapi nanti turunannya banyak. Bisa bawang, dan lain-lain. Fokus kita sekarang cabai merah," tutur dirut Perumda Pasar yang melakukan perjanjian KAD Pemkot Medan dan Pemkab Dairi itu.


Wali Kota Medan, Bobby Nasution usai menandatangani MoU pekan lalu mengatakan dibutuhkan kesigapan mengantisipasi inflasi untuk meminimalisir dampak, terutama bagi Provinsi Sumut.


"Kerja sama ini sebagai upaya kita mengendalikan inflasi sesuai instruksi bapak Presiden kepada seluruh kepala daerah. Selain itu, memenuhi kebutuhan warga Kota Medan," katanya.


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengaku bangga karena Pemkab Dairi mendapatkan kepercayaan untuk mendukung kebutuhan pangan bagi masyarakat Kota Medan.


"Pak Bobby komit melihat petani Dairi setahap demi setahap bisa, dan semakin sejahtera. Terima kasih atas kerjasama ini. Semoga kebutuhan pangan di Kota Medan terpenuhi," ujarnya. (*/red)

Posting Komentar untuk "Tekan Inflasi di Bawah Lima Persen, Petani Dairi Pasok Cabai Merah 40 Ton/Bulan ke Kota Medan "

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Dihadiri Ketum MPN PP Japto Soelistyo, Puluhan Ribu Kader Semarakkan Muswilub Pemuda Pancasila Sumatera Utara 2022-2027

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Warga Desa Sei Buluh Resah, Limbah Pabrik PT SJA Diduga Beracun

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab/ Kota Deklarasi, Dukung Ijeck Jadi Ketua MPW PP Sumut

Penyanyi Kota Medan Lisa Ong,Sedang Naik Daun Berbuat Tanpa Pamrih

Silahturahmi Bersama Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut, Ini Kata H Musa Rajekshah

Job Fair Disnaker di Medan Belawan Sediakan 557 Lowongan Kerja

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi