Kota Lama Kesawan Medan Ditargetkan Rampung Oktober

MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Pemko Medan menargetkan, revitalisasi kawasan Kota Lama Kesawan yang saat ini dalam tahap pengerjaan pembangunan infrastruktur, akan rampung pada Oktober 2023 nanti. Selain mengembalikan fungsinya sebagai kawasan heritage, revitalisasi yang dilakukan diharapkan dapat mengembangkan perekonomian di kawasan yang dipenuhi bangunan bersejarah tersebut

“Target kita paling lama Oktober 2023 nanti, revitalisasi kawasan Kota Lama Kesawan akan selesai, termasuk kawasan Pasar Ikan Lama dan Gedung Warenhuis,” ungkap Wali Kota Medan Bobby Nasution, menjawab pertanyaan para driver saat menghadiri Halal Bihalal InDrive Bersama Pengemudi dan Anak Binaan Rumah Yatim di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Kamis (4/5).

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis, Bobby mengatakan, penyempitan jalan yang dilakukan di kawasan itu, guna meningkatkan nilai transaksi perdagangan di kawasan tersebut. Sebab, Kota Lama Kesawan merupakan kawasan niaga atau perdagangan.

Sebagai solusi atas penyempitan jalan yang dilakukan di kawasan Kota Lama Kesawan, lanjut Bobby, Jalan Ahmad Yani yang selama ini menjadi jalan penghubung Kota Medan bagian selatan dengan utara, akan dipindahkan ke Jalan Irian Barat dan Jalan Jawa. Terkait hal itu, Pemko Medan akan membangun underpass di kawasan tersebut.

“Insya Allah tahun ini di kawasan itu akan dibangun underpass. Dalam beberapa bulan ke depan, pengerjaannya akan dimulai. Jika ini selesai, maka perekonmomian di kawasan Kota Lama Kesawan akan hidup, dan arus lalu lintas dari Medan selatan menuju utara, tidak terganggu. Apalagi dengan adanya underpass, maka tidak akan ada lagi persimpangan dan traffic light di kawasan itu, sehingga memperlancar arus lalu lintas,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bobby juga menyampaikan, Pemko Medan akan mengurangi persimpangan yang menggunakan traffic light sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan.

“Ada 8 titik persimpangan yang akan dikurangi, termasuk persimpangan HM Yamin. Apalagi kita akan membangun underpass dan fly over, sehingga dapat mengurangi persimpangan yang menggunakan traffic light,” katanya lagi.

Selanjutnya, dia pun menyampaikan, masa jabatannya sebagai Wali Kota Medan akan berakhir 2024. Karena itu, semua pekerjaan fisik yang saat ini dilakukan di Kota Medan akan selesai.

“Saya minta maaf jika pengerjaan fisik yang dilakukan saat ini mengganggu kenyamanan masyarakat dalam berlalu lintas. Insya Allah setelah pengerjaan fisik selesai pada 2024, Medan akan kembali lancar, tidak hanya lalu lintas, tapi juga semua aspek, termasuk perekonomiannya. Sehingga Medan menjadi lebih baik dan masyarakat semakin sejahtera,” harap Bobby.

Dalam pertemuannya dengan para pengemudi yang tergabung dalam InDriver, Bobby juga mengajak dialog guna mengetahui apa yang menjadi masukan dan keluhan mereka. Selain kemacetan, para pengemudi juga berharap agar jalan rusak dan banyak polisi tidur di jalan, dapat ditangani, guna mendukung kelancaran mereka dalam mencari nafkah. (*/red)

Posting Komentar untuk "Kota Lama Kesawan Medan Ditargetkan Rampung Oktober"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Kapolsek Delitua Bantah ada Praktik Judi di Katamso Square

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Usai Gerindra, Golkar Pastikan Tak Dukung Edy Rahmayadi di Pilgub 2024

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Dandim 0203/LKT Letkol Inf M Eko Prasetiyo Sambut Hangat Kunker Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu

Ruko Anggota DPRD Deli Serdang Rusak Imbas Bentrok 2 OKP di Lubuk Pakam