Unggul Versi Charta Politica, Ijeck Kembalikan Kejayaan Golkar di Sumut


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Musa Rajekshah mengukir sejarah baru. Ijeck, sapaan akrabnya, berhasil mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Provinsi Sumatera Utara.

Sebab berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) Lembaga Survei Charta Politika (total data masuk 91,58% pada 15 Februari 2024), Golkar mengungguli PDI Perjuangan, partai pemenang Pemilu 2019 lalu.

Golkar mencatatkan kemenangan 19,46%, atau meningkat 6,3% dari perolehan Pemilu 2019 sebesar 13,11%, dimana saat itu hanya finish di posisi ketiga.

Peningkatan perolehan suara Golkar di Sumut 6,3% itu, sekaligus membuat dominasi PDIP di Sumut terhenti. Dari survei Charta Politica itu, PDIP turun ke posisi kedua 16,06%. Itu berarti di Pemilu 2024 ini, PDIP kehilangan suara 4,09% suara di Sumut dari pemilu sebelumnya.

Di bagian lain, Gerindra juga mencatatkan penurunan perolehan suara dan turun ke posisi ketiga. Jika pada pemilu sebelumnya meraih suara 13,48% namun pada Pemilu 2024 menjadi 12,94%.

Kemudian PKS yang sebelumnya berada di peringkat kelima dengan 9,47%, kini naik satu peringkat ke posisi empat besar dengan 11,75%.

Begitu juga dengan Partai Demokrat yang parkir di posisi kelima. Demokrat yang berada di urutan 7 dengan suara 5,84% di Pemilu 2019, kini berhasil melompat dua posisi dengan meraup 7,43% suara.

Sementara itu suara NasDem malah melorot ke posisi enam dengan 7,41% suara. Padahal Pemilu 2019, NasDem finish di posisi keempat dengan 12,22%. Itu artinya terjadi kehilangan suara 4,81%.

Namun sebaliknya PKB berhasil mencatatkan prestasi besar di Sumut. PKB yang sebelumnya hanya meraih 3,59% suara dan berada di posisi 9, namun pada Pemilu 2024 naik dua peringkat ke posisi 7 dengan 6,09% suara.

Lalu PAN turun satu strip ke peringkat delapan dengan perolehan 5,44%. Pemilu sebelumnya PAN di posisi ketujuh dengan 7,77%. Mereka kehilangan 2,33% dukungan di Sumut.

Selebihnya, partai dengan peringkat kesembilan hingga ke-18 gagal meraih 4 persen suara di Sumut. Bahkan lima di antaranya meraih persentase suara di bawah 1 persen, yakni PKN, Ummat, Garuda, Buruh dan PBB.

Menanggapi perolehan suara partai-partai itu, Ijeck, selaku Ketua DPD Partai Golkar Sumut, mengucapkan rasa Syukur karena hasil survey berada di posisi kesatu.

"Pastinya kita berterima kasih karena Allah bantu, kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Ini karena bantuan semuanya. Berkat bantuan Golkar provinsi, kabupaten/kota dan berkat dorongan motivasi Ketua Umum Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto," ujar Ijeck, Jumat (16/02/2024).

Selain itu Ijeck juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader, hasta karya, masyarakat dan elemen lainnya yang telah berkerja keras memenangkan Golkar.

"Karena alhamdulilah caleg-caleg kita memiliki potensi besar semua. Di masyarakat dikenal dan sudah banyak berbuat untuk masyarakat, punya kemampuan untuk berkompetisi di pileg. Karena semuanya bergerak makanya kita menang dan efeknya suara kita meningkat. Akhirnya orang tertarik untuk memilih partai Golkar. Mudah-mudahan suasana pileg dan pilpres yang bagus ini bisa diikuti juga saat pilkada nantinya. Kita optimis di Pilkad juga berhasil," ujarnya.

Selain itu, Ijeck juga optimis target 20 persen tercapai. Saat ini perhitungan juga belum semuanya dilakukan. "Kalau ternyata target kita juga tercapai. Mudah-mudahan dalam mengambil keputusan-keputusan di parlemen nantinya lebih muda. Insya Allah kursi DPRD Sumut bisa kita ambil lagi seperti zaman Pak Ajib Shah saat memimpin Golkar. Saat itu juga seperti ini. Alhamdulilah sekarang sudah bisa kita raih lagi apa yang sudah dibuat Pak Ajib yakni Ketua Golkar sebelumnya. Mudah-mudahan kita terus bersama-sama untuk bekerja lagi berbuat untuk Golkar," harapnya.

Ijeck juga berpesan untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan agar tidak mudah dipecah belah oleh siapapun. "Seperti pesan saya sebelumnya, jangan kita berbuat mau saat pileg saja. Jauh hari kita tetap berbuat untuk masyarakat. Bisa berbagi rezeki dan sedekah," ujarnya.

"Ketika duduk di DPR juga harus berjuang untuk menyuarakan masyarakat. Saya juga mengimbau seluruh kader agar dalam perhitungan suara ini saling mendukung. Jangan sampai ada hal-hal tertentu yang nantinya merugikan kita sendiri," sambung Ijeck.

Seperti diketahui, selain di Sumut menjadi partai pemenang, secara nasional berdasarkan hasil survey, Golkar berhasil meraih suara di peringkat kedua. Selain Charta Politika, hasil survei Indikator dan lembaga CSIS juga menyatakan bahwa Golkar berhasil menjadi partai yang berada di posisi kedua nasional. (*/an)

Posting Komentar untuk "Unggul Versi Charta Politica, Ijeck Kembalikan Kejayaan Golkar di Sumut"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Ijeck Siap Maju Menjadi Calon Gubernur Sumut

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Ijeck Targetkan Raih 60 Persen Suara di Pilkada Sumut

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Butuh Uluran Tangan, KOMAZE Kota Medan Berbagi Kasih Terhadap Penderita Kanker Asal Kabupaten Nias Utara

Maju Bacaleg DPRD Medan, Erwin Simbolon S.Sos Siap Berikan Perubahan & Perbaikan Medan Utara Yang Lebih Baik

Usai Gerindra, Golkar Pastikan Tak Dukung Edy Rahmayadi di Pilgub 2024

Pria Pencuri Lampu di Jalan Asia Medan Ditembak Polisi

Mengabdi Tangani Stunting, Dr Chastry Meher Pulungan Dinobatkan Sebagai Putri Pelindung Kesehatan