BPS: Tomat Penyumbang Inflasi di Sumut Desember 2022

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Badan Pusat Statistik Sumatera Utara (BPS) Sumut mencatat pada Desember 2022 terjadi inflasi year on year (yoy) gabungan lima kota di Sumut.

Kelima kota tersebut yakni Sibolga, Pematangsiantar, Medan, Padangsidimpuan dan Gunungsitoli sebesar 6,12 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 112,77.

“Dari lima kota IHK di Sumut, inflasi yoy tertinggi terjadi di Sibolga sebesar 6,43 persen dengan IHK sebesar 115,10 dan terendah terjadi di Gunungsitoli sebesar 5,74 persen dengan IHK sebesar 114,65,” kata Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin melalui kanal youtube resmi BPS, Senin (2/1/2023).

Sedangkan Medan inflasi sebesar 6,10 persen, Padangsidempuan 6,40 persen dan Pematangsiantar 6,16 persen. Sedangkan inflasi secara nasional sebesar 5,51 persen.

Disebutkannya, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya seluruh indeks harga kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,35 persen.

Kemudian kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 4,66 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,49. Pada kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 5,29 persen.

Demikian juga pada kelompok kesehatan sebesar 1,91 persen; kelompok transportasi sebesar 18,73 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,17 persen.

Selain itu pada kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 8,05 persen; kelompok pendidikan sebesar 0,56 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 4,09 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 8,12 persen.

Nurul Hasanudin menjelaskan, komoditas utama penyumbang inflasi yoy pada Desember 2022, antara lain bensin, angkutan udara, beras, rokok kretek filter, angkutan dalam kota, ikan dencis, dan tomat.

Tingkat inflasi month to month (mtm) Desember 2022 sebesar 1,50 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) Desember 2022 sebesar 6,12 persen dengan komoditas penyumbang inflasi yakni tomat 0,17 persen, cabai merah 0, 12 persen, ikan dencis 0, 11 persen, daging ayam dan telur ayam 0,09 persen.

Hasil pantauan di Pasar Sukaramai dan Pasar Halat serta Pasar Inpres Jalan Arif Rahman Hakim Medan, pada awal hingga pertengahan Desember, harga tomat mencapai Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilo. (swisma)

Posting Komentar untuk "BPS: Tomat Penyumbang Inflasi di Sumut Desember 2022"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Tim Gabungan Sidak ke Yang Lim Plaza, Bukan Arena Judi, Tapi Game Ketangkasan Berhadiah Barang Elektronik

Real Count KPU : Sofyan Tan & Musa Rajekshah Pimpin Perolehan Suara Dapil Sumut 1

HPN 2024, Ketua DKP PWI Sumut M Syahrir Terima Press Card Number One

Setelah Diberitakan & Viral di Medsos, Bocah Tuna Rungu di Medan Ditemukan

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Bacaleg Partai Hanura Janses dan Anggiat Simbolon Kolaborasi dengan Pemko Medan Gelar Gotong Royong