Ijeck Sambut Baik Program Kementrian ESDM soal Konversi Motor BBM Menjadi Tenaga Listrik

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menyambut baik program Kementerian ESDM terkait konversi motor Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi motor bertenaga listrik.

Hal itu disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menerima kunjungan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Kota Medan, Kamis (12/1/2023).

Dalam pertemuan itu, Ijeck mengatakan pihaknya akan mencoba dulu sosialisasi kepada masyarakat, karena ini adalah hal baru. “Masyarakat pasti mau, lihat dulu apa keuntungan mengubah motornya menjadi motor listrik,” ungkapnya.

Lanjut Ijeck, pihaknya juga ingin merangsang masyarakat dari segi pajak. Pihaknya akan membuat lebih murah biaya pajaknya, namun hal terpenting bagaimana masyarakat tahu sepeda motor listrik lebih murah dan lebih efisien.

“Terkait subsidi, kita akan melihat seperti apa pembahasan selanjutnya dengan pemerintah pusat,” tandasnya.

Sebelumnya, Dadan memaparkan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan dinilai sebagai satu lokasi yang strategis untuk mengembangkan motor listrik. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana.

“Kami melihat ini satu hal yang strategis. Secara nasional, ada 120 juta motor di Indonesia dan di Sumut khususnya Medan, saya yakin jumlahnya pasti cukup signifikan. Program ini banyak manfaatnya, tidak hanya secara nasional tapi juga ke pengguna,” ucapnya.

Disebutkan Dadan, Kementerian ESDM telah melakukan uji coba konversi motor listrik terhadap 143 unit motor listrik, dan beberapa diantaranya berhasil mendapatkan STNK. Pihaknya menargetkan 100.000 motor dikonversi selama setahun.

“Kami secara nasional untuk konversi, Pak Menteri ingin berada di 100.000 setahun. Kami melihat nanti basisnya masuk ke kota-kota besar dulu, Medan salah satunya,” sebutnya.

Diungkapkan Dadan, dirinya secara khusus menjumpai Wagub Sumut, Musa Rajekshah, pesan dari Menteri ESDM, Arifin Tasrif, untuk melihat daerah pertama yang akan kerja sama dalam program konversi motor, dari motor BBM ke motor listrik.

Program tersebut dibuat sebagai upaya menekan emisi dan biaya energi. Kementerian ESDM sudah menghitung secara nasional konsumsi rata-rata BBM sepeda motor, yakni Pertalite mencapai 25 liter atau tepatnya 25,4 liter per bulan.

“Nah kalau ini dihitung dengan harga pertalite sekarang, itu bisa hemat biaya Rp 3,6 juta dikurang Rp 600 ribu untuk biaya listrik jadi Rp 3 juta,” Dadan mengungkapkan.

Biaya uang yang dibutuhkan untuk mengkonversi sepeda motor BBM menjadi listrik, lanjut Dadan, di kondisi saat ini mencapai Rp 15 juta. Jika modalnya nanti Rp 15 juta dan ada subsidi pemerintah sekitar Rp 7 jutaan, maka balik modal sebelum 3 tahun.

“Jangan ragu, motornya tetap punya tenaga yang sama dengan sepeda motor sebelumnya,” ujarnya.

Dikatakan Dadan, untuk membangun ekosistem konversi motor listrik di Sumut, pihaknya berharap kerja sama dengan pemerintah dalam hal mendorong membangun bengkel dan industri komponen.

“Ada dua hal tadi yang kami sampaikan, pertama bagaimana mendorong bengkelnya ada dengan melakukan pelatihan terhadap bengkel-bengkel lokal menyiapkan proses konversi ini. Kedua bagaimana kita mendorong industri komponen lokal di sini bisa diproduksi,” paparnya. (Lip6/red)

Posting Komentar untuk "Ijeck Sambut Baik Program Kementrian ESDM soal Konversi Motor BBM Menjadi Tenaga Listrik"

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Mabuk, David Chandra Aniaya Pengacara Sun Sin SH MH, Jari Tangan Patah Dihantam Kursi

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Tangkap Penista Agama, Warga Konghucu Ucapkan Terima Kasih ke Kapolres Asahan

Diduga Bawa Kabur Mobil & Sepeda Motor, Vincent Hartono Dilaporkan ke Polrestabes Medan

Miliki Tunggakan Pajak Hingga 250 Milyar Lebih, Wali Kota Medan Segel Mall Centre Point

Ijeck Ajak Anak Muda PMKRI Kembangkan Potensi Daerah dengan Berwirausaha

Pawai Tarian Naga Liong di Vihara Maha Maitreya Pecahkan Rekor Muri

Muscab MPC Pemuda Pancasila ke XVI Kota Binjai Sukses, J Payu Sitepu Terpilih Aklamasi

Dipanggil Kejari Medan, Dirut PUD Pasar Medan Dukung Pemberantasan Korupsi