Bobby Nasution Inginkan Perayaan Keagamaan & Kebudayaan Sejalan Dengan Pergerakan Perekonomian



MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Di hadapan ribuan umat Hindu Kota Medan, Wali Kota Medan Bobby Nasution melepas pawai kereta kencana guna memeriahkan Perayaan Thaipusam dari depan Kuil Sree Soepramanniem Nagarattar Jalan Kejaksaan Medan, Minggu (5/2) malam. Kereta kencana yang dilepas itu berusia sekitar 130 tahun membawa patung Dewa Murugan selanjutnya mengelilingi sejumlah ruas jalan di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini.


Pelepasan dilakukan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu. Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rahman, unsur Forkopimda Kota Medan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Laksamana Putra Siregar, serta tokoh agama Hindu Siwajiraja turut hadir dalam acara pelepasan yang diawali dengan pemotongan kelapa tersebut. Ada dua kereta kencana yang dilepas dalam perayaan tersebut.


Dalam sambutannya, Bobby Nasution mengatakan, Pemko Medan menjamin seluruh pemeluk agama yang ada di Kota Medan dapat dengan penuh khusyuk dan hikmah menjalankan kegiatan ibadahnya. Kemudian, menantu Presiden Joko Widodo ini berharap agar setiap perayaan keagamaan dapat dinikmati seluruh masyarakat, termasuk manfaat perputaran ekonominya.


“Kita sepakat agar setiap perayaan keagamaan maupun kebudayaan yang ada di Kota Medan dapat selaras dan sejalan dengan pergerakan perekonomian. Untuk itu, Pemko Medan bersama dengan Dinas Kebudayaan sebisa mungkin setiap perayaan keagamaan dan kebudayaan dapat menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata,” kata Bobby Nasution.



Guna mewujudkan hal itu, kata suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini, tentunya butuh kolaborasi dan kerjasama dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh adat yang ada untuk bersama-sama menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata dalam setiap perayaan keagamaan dan kebudayaan. Di samping itu, imbuhnya, juga menjadikan Kota Medan menjadi tempat yang khusyuk dan hikmah untuk perayaan  setiap kegiatan besar keagamaan.


Kepada seluruh umat Hindu yang hadir, Bobby Nasution selanjutnya mengucapkan selamat menikmati Perayaan Thaipusam 2023. “Mudah-mudahan tahun depan kita dapat membuat Perayaan Thaipusam ini  lebih baik dan besar lagi sehingga dapat memutar perekonomian Kota Medan,” harapnya.


Sebagai penutup, Bobby Nasution menyampaikan permohonan jika Perayaan Thaipusam yang digelar ini ada kekurangannya.



“Kegiatan malam ini untuk kita semua. Jika ada kurang lebihnya, kami (Pemko Medan) memohon maaf. Bukan salah perayaan keagamaan, jangan ada yang bilang menutup jalan karena Perayaan Thaipusam sehingga menyebabkan kemacetan. Yang menutup jalan adalah Pemko Medan. Ini perayaan untuk kita semua sehingga bisa kita nikmati dan rasakan semua,” ungkapnya.


Sementara itu Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan Matha Riswan SPd H MPsi, esensi Perayaan Thaipusam adalah bahwa manifestasi Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk Dewa Murugan telah berjanji akan memberi rahmat kemenangan bagi seluruh umat yang menyemarakkan perayaan ini.


Sejak puluhan tahun yang lalu, jelas Riswan, banyak umat Hindu pergi merayakan Perayaan Thaipusam ke negara lain. Tapi kini, imbuhnya, PHDI bersama tokoh-tokoh agama serta dibantu Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan Perayaan Thaipusam ini.


“Hari ini menjadi catatan sejarah yang tidak akan terlupakan, sebab di bawah kepemimpinan Abangda Bobby Nasution, kami umat Hindu diberi perhatian yang sangat luar biasa dimana Perayaan Thaipusam dijadikan sebagai sebuah festival disertai pengadaan bazar hingga menutup Jalan KH Zainul Arifin. Ini menunjukkan bukti tidak ada agama minoritas di Kota Medan, kita semua diperlakukan sama dan seimbang,” ujar Riswan.


Selanjutnya, Riswan berharap, di tahun-tahun ke depan, Festival Thaipusam bisa dikonsepkan sehingga lebih semarak dengan mengkolaborasikan UMKM di dalamnya. Dengan demikian harapnya, kemeriahan festival nantinya berdampak terhadap pergerakan roda perekonomian. (red)

Posting Komentar untuk "Bobby Nasution Inginkan Perayaan Keagamaan & Kebudayaan Sejalan Dengan Pergerakan Perekonomian"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Kapolsek Delitua Bantah ada Praktik Judi di Katamso Square

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Toko Elektronik Titi Papan Hangus Terbakar

Frans Dante Ginting Dampingi Musa Rajekshah Ikut Pesta Tahunan di Kabupaten Karo

Usai Gerindra, Golkar Pastikan Tak Dukung Edy Rahmayadi di Pilgub 2024

Dandim 0203/LKT Letkol Inf M Eko Prasetiyo Sambut Hangat Kunker Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu