Ijeck Berikan Penguatan Ideologi Pancasila ke Santri


KOTANOPAN | SATUHATISUMUT.COM - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meminta para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Musthafawiyah Purba Baru memahami sejarah kemerdekaan bangsa dengan melihat pengorbanan pahlawan yang dalam jiwanya tertanam rasa cinta tanah air.


Hal ini disampaikan Musa Rajekshah saat Sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan yang digelar oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution di Ponpes Musthafawiyah Purba Baru, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (24/2).


“Kalian harus belajar sejarah bangsa ini, mengetahui betapa sulitnya para pahlawan dahulu untuk memperjuangan kemerdekaan dengan mengorbankan nyawa. Anak-anak santri dulu juga ikut berjuang, anak-anak pesantren dulu ikut berjuang, alim ulama ikut berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini,” ujar Wagubsu atau akrab disapa Ijeck.


Lanjutnya, untuk itu kemerdekaan yang telah kita nikmati saat ini harus dijaga, diisi dengan menjaga semangat kebersamaan, belajar dengan sungguh-sungguh, rajin beribadah sekaligus menghargai perbedaan yang ada serta membisakan hidup bergotong royong untuk mempererat silaturahim antarwarga.


“Tinggal bagaimana sekarang kita menghargai kemerdekaan dengan manfaatkan waktu, rezeki, pikiran yang kita punya bukan untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga kepentingan seluruh umat. Manfaatkan waktu belajar karena negara ini akan semakin berkembang kalau generasi penerusnya berkualitas secara ilmu pengetahuan dan agama,” kata Ijeck.


Selanjutnya, memaknai sila pertama Pancasila dimana setiap orang melaksanakan perintah agama dan kepercayaan masing-masing dengan tetap mengedepankan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution, menambahkan generasi muda menghadapi banyak perubahan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan luar yang bisa mengikis rasa nasionalisme di era globalisasi saat ini.


“Kami para anggota DPRD berkewajiban menyosialisasikan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini ke generasi muda bangsa,” ujar Harun.


“Saya berterima kasih di dalam sosialisasi di Pondok Pesantren Musthafawiyah, kebetulan Pak Wagub ikut memberikan pemahaman dan pencerahan tambahan untuk adik-adik. Semoga ilmu yang kita berikan bermanfaat, dipahami, dan menjadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (*/red)

Posting Komentar untuk "Ijeck Berikan Penguatan Ideologi Pancasila ke Santri"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Resmikan Ponpes Tahfiz KH Muhammad Ya’cub, H Kodrat Shah Ajak Kader PP Lebih Dekatkan Diri Dengan Ilmu Agama

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Diduga Nistakan Agama Konghucu, Kapolres Asahan Diminta Tangkap Rahmat alias Aling CS

Dani Ginting, Caleg Partai Nasdem Bantu Korban Kebakaran, Berikan Bahan Material Bangunan

Pria Pencuri Lampu di Jalan Asia Medan Ditembak Polisi

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Pawai Tarian Naga Liong di Vihara Maha Maitreya Pecahkan Rekor Muri

Real Count KPU 34%: Golkar Unggul di Sumut, Disusul PDIP-NasDem