Wujudkan Program Medan Terang, Kota Medan Butuh 124.038 Titik LPJU

MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Sekretaris Kota Medan Wiriya Alrahman menyebut Kota Medan membutuhkan sekitar 124.038 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) untuk mewujudkan program Medan Terang.

"Guna mewujudkan Medan Terang 100 persen, maka dibutuhkan sekitar 124.038 titik LPJU," jelas Wiriya usai membuka Focus Group Discussion di Medan, Sumut, Kamis.

Pihaknya mengaku adapun bahan diskusi ini dokumen studi kelayakan proyek revitalisasi LPJU, baik jenis LED maupun Smart Roadway System Monitoring.

Pemerintah Kota Medan akan mewujudkannya program Medan terang dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Melalui skema KPBU ini, kita berharap LPJU terpasang di seluruh wilayah administratif Kota Medan. Apalagi saat ini belum semua LPJU yang terpasang jenis LED, sehingga tagihan listrik cukup tinggi," katanya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution, lanjut dia, telah menyatakan kesetujuan, tapi menyarankan tidak menggunakan APBD Kota Medan dalam proyek revitalisasi LPJU.

Wiriya mengungkapkan saat ini cakupan layanan penerangan jalan umum sekitar 76 persen dari luas wilayah Kota Medan tercatat 28.199 hektare.

"Dari total keseluruhan cakupan tersebut, telah terbangun dan beroperasi sebanyak 94.312 titik LPJU, dan ada 20.963 titik LPJU di antaranya jenis LED," terang sekda Kota Medan.

Rudianto, mewakili PT Cakra Buana Proteksindo mengatakan studi kelayakan proyek KPBU alat penerangan jalan Kota Medan ini mencakup pembangunan, pengoperasian dan perawatan.

Pembangunan ini meliputi 122.388 titik alat penerangan jalan (APJ) listrik lengkap, dan baru 123.438 lampu, kemudian 1.650 titik APJ tenaga surya lengkap dan baru 3.300 lampu.

"Ada 42 titik CCTV, speaker dan free Wifi. Smart system APJ listrik PLN, APJ tenaga surya, CCTV di dalam ruang command centre dan pembongkaran 95.000 APJ eksisting," tuturnya. (red)

Posting Komentar untuk "Wujudkan Program Medan Terang, Kota Medan Butuh 124.038 Titik LPJU"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Toko Elektronik Titi Papan Hangus Terbakar

Frans Dante Ginting Dampingi Musa Rajekshah Ikut Pesta Tahunan di Kabupaten Karo

BPPJN Sumut-Pemprovsu Bersinergi Perbaiki Jalan Medan-Brastagi

Golkar Sumut Sebut Hasil Pileg Sesuai Target, Usung Kader jadi Kepala Daerah

Ruko Anggota DPRD Deli Serdang Rusak Imbas Bentrok 2 OKP di Lubuk Pakam