Hadiri Raker, Ketua PWI Sumut: JMSI Harus Dapat Menciptakan Ekosistem Pers Sehat dan Profesional


MEDAN (SATUHATISUMUT.COM) - Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE hadiri acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) JMSI Sumut. 


Farianda menyebut kehadiran JMSI di Sumut kiranya dapat menciptakan ekosistem Pers yang sehat dan profesional. Untuk itu JMSI selaku konstituen dewan Pers dapat bekerjasama dan join, kompak sesama organisasi yang berbeda. 


"Kita apresiasi kegiatan Raker dan mudah mudahan melahirkan hasil yang bermanfaat. Kehadiran JMSI dapat menjawab tantangan media siber di Sumut," sebut Farianda.


Harapan itu disampaikan Farianda saat menghadiri sekaligus membuka Rapat kerja (Raker) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Utara di Hotel Madani, Kamis (2/3/2023). 


Sementara itu Ketua Umum DPP JMSI yang diwakili pengurus pusat Coking Susilo Sakeh saat menghadiri sekaligus membuka Raker menyampaikan  agar pemilik media online yang bergabung di Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Utara harus mampu menjadi lokomotif pembangunan daerah. Dapat menyajikan berita yang sifatnya membangun potensi daerah.

"Ini pesan Ketua Umum, JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan di daerah. Membangun solidaritas guna mendapatkan berita yang baik dan bermanfaat," ujar Choking.


Saat ini kata Choking, persaingan media online sangat ketat dan mendapat tantangan yakni banyak media menayangkan berita hasil copy paste dari media lain. 


Padahal sangat dibutuhkan berita yang viral dengan berita yang berbeda hasil liputan wartawan. Dan tak kalah penting untuk mendapatkan berita yang bagus sangat berpengaruh dengan kesejahteraan wartawannya. 


Untuk itu, kata Choking agar tantangan itu dapat dijalani maka JMSI harus melakukan konsolidasi internal sesama organisasi dan profesional. 


Sementara itu, Bupati Kabupaten Batubara yang diwakili Sekda Norma Deli Siregar, menyampaikan sangat mendukung kehadiran JMSI yang diharapkan dapat menguatkan peran pers untuk mendukung pembangunan yang maju dan mandiri.


Dikatakan Norma Deli Siregar, peran pers sangat berpengaruh meningkatkan pembangunan. Untuk itu, mengajak senantiasa kesadaran berkomien meningkatkan kode etik jurnalistik. "Kita harap JMSI dapat menciptakan informasi yang transparan dan akurat," ujar Norma.


Dikuatkan lagi, Pers Sumatera Utara harus menjadi Pers yang terdepan menjadi barometer terhadap kehidupan pers daerah lainnya. Pers Sumut harus menjadi lokomotif pemyampaian informasi. 


Pada kesempatan itu, Ketua JMSI Sumut Riyanto Aghly menyampaikan, pelaksanaan rapat kerja guna penguatan organisasi untuk verifikasi. Raker diharapkan dapat berkolaborasi untuk menjalankan kontrol, edukasi untuk menyajikan informasi. (red)

Posting Komentar untuk "Hadiri Raker, Ketua PWI Sumut: JMSI Harus Dapat Menciptakan Ekosistem Pers Sehat dan Profesional"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Tim Gabungan Sidak ke Yang Lim Plaza, Bukan Arena Judi, Tapi Game Ketangkasan Berhadiah Barang Elektronik

Real Count KPU : Sofyan Tan & Musa Rajekshah Pimpin Perolehan Suara Dapil Sumut 1

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

HPN 2024, Ketua DKP PWI Sumut M Syahrir Terima Press Card Number One

Bacaleg Partai Hanura Janses dan Anggiat Simbolon Kolaborasi dengan Pemko Medan Gelar Gotong Royong