Bobby Nasution: Alhamdulillah Rumah Pompa Air Mampu Atasi Banjir Rob


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Selesai dibangun Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung meninjau rumah pompa air yang berada di Jalan Deli, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (6/7). Ada tiga pompa yang terdapat di rumah pompa air yang dibangun guna mengatasi banjir rob yang kerap menerpa kawasan tersebut.

Peninjauan dilakukan Bobby Nasution didampingi Kadis Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (PKPCKTR) Endar Sutan Lubis, perwakilan Kementerian PUPR dan BWS serta Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap.

Dalam peninjauan tersebut, menantu Presiden Joko Widodo ini melihat tempat pembuangan air di rumah pompa Zona A tersebut. “Rumah pompa air Zona A yang dikerjakan Kementerian PUPR sudah selesai. Jadi kedatangan kita untuk melihat rumah pompa yang dibangun guna mengatasi banjir rob ini dan memastikan berfungsi dengan baik," kata Bobby Nasution.

Dikatakan Bobby Nasution, rumah pompa air ini berfungsi untuk menampung  air pasang dari drainase warga yang ada di kawasan saat air pasang terjadi. Setelah itu, imbuhnya, air akan dipompa dan dialirkan kembali ke laut. Sebab, air pasang  tidak bisa dilairkan ke laut karena sudah ada benteng penahan yakni tanggul rob.

“Untuk mengalirkan kembali air pasang ke laut tentunya harus  dinaikkan  ke atas melewati tanggul rob dengan menggunakan pompa. Makanya dibangunlah rumah pompa ini. Alhamdulillah, sejak rumah pompa air ini selesai dibangun, kawasan ini tidak pernah lagi terjadi banjir," ungkapnya.

Selanjutnya, menantu Presiden Joko Widodo ini mengungkapkan, rumah pompa air ini mampu menahan air bisa 0,75 meter³ per detik. 

Disamping itu, imbuhnya, setelah rumah pompa zona A ini selesai, Kementerian PUPR akan membangun di dua titik lainnya yakni Zona B dan C. “Jadi ada dua zona lagi yang belum dibangun,” terangnya.

Terkait dengan pembangunan rumah pompa air di Zona B dan C, Bobby Nasution sangat mengharapkan  dukungan masyarakat dan tokoh masyarakat sehingga pengerjaannya dapat berjalan dengan lancar. 

Diakuinya, pengerjaannya masih memiliki sedikit kendala di lapangan karena mungkin belum semua masyarakat memahami fungsi dari dibangunnya rumah pompa iar tersebut.

“Ada sedikit penolakan dari masyarakat, mungkin mereka belum mengetahui fungsi pembangunan rumah pompa air tersebut. Tapi setelah melihat rumah pompa air yang telah selesai dibangun ini dapat mengatasi banjir rob yang terjadi di kawasan ini, masyarakat yang melakukan penolakan dapat mendukungnya,” harapnya. (*/red)

Posting Komentar untuk "Bobby Nasution: Alhamdulillah Rumah Pompa Air Mampu Atasi Banjir Rob"

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

NEWS

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Silahturahmi Bersama Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut, Ini Kata H Musa Rajekshah

Mabuk, David Chandra Aniaya Pengacara Sun Sin SH MH, Jari Tangan Patah Dihantam Kursi

Hendak ke Rumah Mertua di Lubuk Pakam, Warga Langkat Dikeroyok Preman, Minta Kapolresta Deli Serdang Tangkap Pelakunya

Kapolrestabes Medan Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat 93 Personel

Kapolda Sumut Diganti, Ini Sosok Pengganti Irjen Panca Putra Simanjuntak

Jumat Berkah, Komunitas Satu Hati Salurkan 200 Paket Sembako Wakapolri Komjen Agus Andrianto ke Masyarakat

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Warga Desa Sei Buluh Resah, Limbah Pabrik PT SJA Diduga Beracun