Masifkan Becak Sampah, Upaya Bobby Nasution Tangani Sampah Rumah Tangga


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Persoalan sampah menjadi perhatian serius Wali Kota Medan Bobby Nasution. Sebagai bentuk komitmennya, Bobby Nasution menjadikan masalah sampah sebagai salah satu program prioritas. Guna mewujudkannya, penanganan telah dilakukan dari hulu hingga hilir, termasuk sampah rumah tangga.

Bobby Nasution pun telah mengintruksikan jajaran Kecamatan se- Kota Medan untuk mengoptimalkan armada kebersihan untuk menangani sampah rumah tangga termasuk becak sampah yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. 

Dengan masifnya becak sampah Bobby Nasution berharap dapat mengangkut sampah di seluruh wilayah yang tidak dapat terjangkau oleh armada truk. Apalagi becak sampah tersebut kebanyakan merupakan pemberian stakeholder yang esensinya ditujukan untuk membantu dan melayani masyarakat dalam mengangkut sampah, oleh karenanya hari dioptimalkan penggunaannya.

Pengoptimalan becak sampah sesuai instruksi Bobby Nasution terus dilakukan jajaran Kecamatan, seperti di Kecamatan Medan Belawan, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap mengungkapkan armada becak sampah setiap harinya secara masif bergerak mengangkut sampah rumah tangga di setiap rumah warga yang ada di jalan atau gang kecil. 

"Jumlah armada becak sampah kita yang beroperasi dan kondisinya layak jalan berjumlah 24 unit. 15 unit diantaranya dipakai oleh petugas bestari dan melati, sisinya 9 unit dipakai oleh P3SU. Seluruh armada becak sampah ini mengakut sampah rumah tangga maupun sampah dari jalanan," jelas Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (6/7).

Menurut Camat Medan Belawan, jam operasional becak sampah ini setiap harinya mengangkut sampah dari jam 06:00 Wib pagi sampai jam 14 :00 Wib. Mereka menyisir sampah dari gang kecil atau jalan yang tidak dapat dilalui truk pengangkut sampah.

"Kita terus optimalkan penggunaan becak sampah sesyai instruksi pak Wali Kota Medan Bobby Nasution guna menjadikan wilayah Kecamatan Medan Belawan bersih dan mewujudkan program prioritas beliau dibidang kebersihan," jelasnya.

Subhan menambahkan agar becak sampah tetap dapat melayani masyarakat dalam mengangkut sampah, armadanya setiap hari kita bersihkan dan perawatan rutin terus kita lakukan. Meskipun saat ini ada 10 armada becak sampah yang rusak berat.

Pengoptimalan becak sampah juga dilakukan Kecamatan Medan Johor. Camat Medan Johor Chandra Dalimunthe menjelaskan Seluruh armada becak sampah yang ada dioptimalkan untuk mengangkut sampah rumah tangga masyarakat yang berada di komplek perumahan dan jalanan maupun gang - gang yang sulit terjangkau oleh truk sampah. 

Menurut Chandra, setiap harinya becak sampah ini terus beroperasi menyisir dan mengangkut sampah. Hal ini sebagai upaya mewujudkan Kota Medan yang bersih sesuai program prioritas bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Becak sampah yang ada di Kecamatan Medan Johor berjumlah 26 becak. Untuk mobilitasnya becak sampah ini mulai beroperasi setiap harinya pukul 06:00 Wib sampai pukul 14:00 Wib menyisir setiap sudut wilayah di enam kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Johor. Artinya kita terus masifkan Becak sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga," jelasnya.

Dijelaskan Chandra Dalimunthe agar penanganan kebersihan khususnya pengangkutan sampah rumah tangga lebih maksimal, pihaknya juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk dapat meletakkan sampahnya di depan rumah masing-masing di pagi hari sesuai jadwal yang ditentukan.

"Agar memudahkan petugas becak sampah untuk mengangkut sampah, kira telah menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Medan Johor untuk mewadahi dan meletakkan sampahnya di depan rumah, nantinya petugas akan mengangkat sampah sesuai jadwalnya," sebutnya. (*/red)

Posting Komentar untuk "Masifkan Becak Sampah, Upaya Bobby Nasution Tangani Sampah Rumah Tangga"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Bacaleg Partai Hanura Janses dan Anggiat Simbolon Kolaborasi dengan Pemko Medan Gelar Gotong Royong

Real Count KPU 34%: Golkar Unggul di Sumut, Disusul PDIP-NasDem

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Dani Ginting, Caleg Partai Nasdem Bantu Korban Kebakaran, Berikan Bahan Material Bangunan

Unggul Versi Charta Politica, Ijeck Kembalikan Kejayaan Golkar di Sumut

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Real Count KPU : Sofyan Tan & Musa Rajekshah Pimpin Perolehan Suara Dapil Sumut 1

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Jelang Pileg 2024, Caleg DPR RI Ijeck Ajak Anak Muda Pilih Calon Legislatif Asli Putra Daerah

Jumat Berkah, Hadi Suhendra Bagikan 2000 Karung Beras ke Warga Belawan