Musa Rajekshah Harapkan Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap Indonesia menjadi pusat industri halal dunia.

Demikian dikatakannya saat memberikan sambutan secara online dalam acara Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2023, Road to ISEF 2023 yang digelar di Plaza Medan Fair Medan, Minggu (23/7/2023).

“Semoga dengan adanya festival ekonomi syariah ini kita dapat bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses serta seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat dari ekonomi syariah,” kata Musa Rajekshah, yang juga merupakan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumut.

Bukan hanya itu, dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Ijeck tersebut juga mengatakan bahwa dengan tema penguatan sinergi dan inovasi ekonomi keuangan syariah melalui dukungan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera yang inklusif, diharapkan terjadinya penguatan ekonomi dan keuangan syariah.

“Semua komponen ekosistem harus berupaya bersama dan bergerak secara sinergi untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Apabila ekosistem halal telah berkembang dengan baik, maka Indonesia bisa menjadi pusat industri halal global atau setidaknya menjadi tuan rumah di negara sendiri,” kata Ijeck.

Tapi entah bagiamana, katanya, masyarakat Sumut kurang berminat mengembangkan produk halal ini. Atas dasar itu inilah yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia.

“Harusnya kita nomor satu dan Indonesia bisa jadi pusat halal. Ini bukan tidak mungkin. Justru sangat mungkin. Cuma kita belum digerakkan secara penuh dan kita belum kompak. Perlu sinergi untuk mengembangkan ekosistem halal ini. SDM kita juga ada. Kita harus sudah bisa menggunakan digitalisasi. Menggunakan digital AI untuk mengembangkan ekosistem halal ini,” katanya. (red)

Posting Komentar untuk "Musa Rajekshah Harapkan Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Tangkap Penista Agama, Warga Konghucu Ucapkan Terima Kasih ke Kapolres Asahan

Kapolda Sumut Diganti, Ini Sosok Pengganti Irjen Panca Putra Simanjuntak

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Setelah Diberitakan & Viral di Medsos, Bocah Tuna Rungu di Medan Ditemukan

Pawai Tarian Naga Liong di Vihara Maha Maitreya Pecahkan Rekor Muri

Gerindra Nilai Wajar Sandiaga Dukung Bobby: Elektabilitasnya Terus Melejit

Golkar Sumut Sebut Hasil Pileg Sesuai Target, Usung Kader jadi Kepala Daerah

Gabion Belawan Membara, 7 Kapal Pukat Trawl Ludes Terbakar