Revitalisasi Lapangan Merdeka, Medan Akan Punya Lapangan Fasilitas Bintang Lima




MEDAN | SATUHATISUMUT.COM - Sejak Presiden Joko Widodo secara resmi mencanangkan revitalisasi Lapangan Merdeka pada 7 Juli 2022 yang ditandai dengan peletakan batu pertama, pengerjaan fisiknya pun dimulai. Melalui revitalisasi yang dilakukan, Wali Kota Medan Bobby Nasution ingin mengembalikan fungsi lapangan yang pada zaman Belanda bernama de Esplanade itu menjadi ruang terbuka hijau dan cagar budaya.

Selain itu lapangan bersejarah ini nantinya akan dilengkapi dengan basement untuk parkir, galeri hall, ruang VIP, lobby dan beberapa ruangan sebagai fasilitas umum, toko tempat berusaha, bioskop dan mushola. Sedangkan di permukaan Lapangan Merdeka akan ada lapangan upacara, panggung rakyat, jogging track, tempat bermain anak-anak, area bermain sepatu roda, taman, dan Tugu Proklamasi. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan banyak manfaat dari revitalisasi yang dilakukan tersebut.

Di tahap pertama pembangunan yang dilakukan tahun 2022 tersebut, pekerjaan meliputi pemasangan bor pile sebanyak 1.800 lebih dan penggalian untuk bangunan basement. Sedangkan di tahun 2023, pembangunan seluruh konstruksi dan dilanjutkan pekerjaan arsitektur dan lanskap. Ditargetkan, revitalisasi Lapangan Merdeka selesai semester pertama tahun 2024.

Saat ini proses revitalisasi dalam proses tender tahap kedua. Jika proses tender yang berlangsung 10 Februari 2023 berjalan lancar, maka ditargetkan penandatanganan kontrak dapat dilakukan pada 27 Maret 2023. 

"Jika proses tender lancar, insya Allah akan kita lakukan penandatanganan kontrak pada 27 Maret 2023," kata Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Ditambahkan Endar, pengerjaan tahap kedua ini dilakukan secara multiyears bersumber dari APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 dan 2024. "Sesuai dengan jadwal, pekerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka ini kita targetkan selesai November 2024," harap Endar.



Wali Kota Medan Bobby Nasution harap, revitalisasi yang dilakukan menciptakan kembali Lapangan Merdeka menjadi ruang publik sebagai tempat perjumpaan dan ruang interaksi antarwarga kota. Oleh karenanya menantu Presiden Joko Widodo ini, mengharapkan dukungan penuh seluruh warga sehingga revitalisasi dapat selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Tak lupa orang nomor satu di Pemko Medan ini, menyampaikan permintaan maaf karena proses revitalisasi yang dilakukan memberikan dampak kepada masyarakat. "Kita tahu, selama proses pembangunan, pasti memberikan efek kepada masyarakat. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Insya Allah selesai pembangunan, masyarakat dapat merasakan manfaat revitalisasi Lapangan Merdeka yang dilakukan," kata Bobby Nasution baru-baru ini .

Dosen Administrasi Publik Fisipol Universitas Medan Area (UMA) Drs Bahrum Jamil MAP sangat mendukung penuh revitalisasi Lapangan Merdeka yang dilakukan Bobby Nasution. Dia menilai, revitalisasi itu merupakan langkah yang sangat tepat. Dimana setelah tahun 2024, ungkapnya, akan ada sebuah lapangan di Kota Medan yang memiliki fasilitas lengkap seperti di luar negeri diantaranya basement untuk parkir, galeri hall, ruang VIP, lobby dan beberapa ruangan sebagai fasilitas umum, toko tempat berusaha, bioskop dan mushola.

"Mudah-mudahan tahun 2024 bisa terwujud. Langkah ini sebuah terobosan besar untuk bisa melengkapi gelar dan statusnya Medan jadi kota metropolitan dan ini fasilitas kelas bintang lima. Saya sangat apresiasi dengan rencana ini. Mudah-mudahan bisa terwujud dengan tepat waktu," kata Bahrum.

Diungkapkan Bahrum, dirinya juga mendukung langkah yang dilakukan Bobby Nasution ini, yang terpenting pengawasan pembangunan ini harus dilakukan dengan ketat sesuai prosedur. Dengan demikian, imbuhnya, hasil revitalisasi Lapangan Merdeka benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.



"Untuk itu, saya mengajak masyarakat mendukung penuh revitalisasi yang dilakukan. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan dengan bersabar menunggu revitalisasi selesai dikerjakan. Oleh karenanya jika dampak revitalisasi yang dilakukan mengurangi kenyamanan, masyarakat dapat menerimanya karena revitalisasi yang dilakukan juga nantinya untuk masyarakat," ungkap Bahrum.

Selanjutnya, Bahrum berharap agar Pemko Medan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terkait perkembangan revitalisasi Lapangan Merdeka yang dilakukan setiap per semester, sehingga masyarakat mengetahui progress pembangunan lapangan yang akan memiliki fasilitas bintang lima tersebut. (*/red)

Posting Komentar untuk "Revitalisasi Lapangan Merdeka, Medan Akan Punya Lapangan Fasilitas Bintang Lima"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Bacaleg Partai Hanura Janses dan Anggiat Simbolon Kolaborasi dengan Pemko Medan Gelar Gotong Royong

Real Count KPU 34%: Golkar Unggul di Sumut, Disusul PDIP-NasDem

Hasil Sementara, Musa Rajekshah Unggul di Dapil Sumut I, Disusul Meutya Hafid dan Maruli Siahaan

Dani Ginting, Caleg Partai Nasdem Bantu Korban Kebakaran, Berikan Bahan Material Bangunan

Unggul Versi Charta Politica, Ijeck Kembalikan Kejayaan Golkar di Sumut

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Real Count KPU : Sofyan Tan & Musa Rajekshah Pimpin Perolehan Suara Dapil Sumut 1

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Jelang Pileg 2024, Caleg DPR RI Ijeck Ajak Anak Muda Pilih Calon Legislatif Asli Putra Daerah

Jumat Berkah, Hadi Suhendra Bagikan 2000 Karung Beras ke Warga Belawan