Bobby Nasution Berangkatkan 5.182 Peserta Mudik Gratis Pemko Medan

MEDAN | SATUHATISUMUT.COM -  Sebanyak 5.182 peserta mudik diberangkatkan melalui program Mudik Gratis Pemko Medan tahun 2023. Keberangkatan peserta mudik ini dilepas langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution di seputaran jalan Masjid Raya Al- Mashun, Rabu (19/4).

Pemberangkatan peserta mudik gratis ini dilakukan selama tiga hari dari tanggal 19 April sampai 21 April 2023. Terdapat 12 kota tujuan mudik diantaranya Pakpak Bharat, Sidikalang, Sibolga, Sipirok, Kota Pinang, Padang Sidempuan, Tarutung Panyabungan, Mandailing Natal, Rantau Prapat, Sibuan dan Gunung Tua.

Saat proses keberangkatan terlihat peserta mudik begitu antusias dan senang dapat mengikuti program mudik gratis Pemko Medan ini. Mereka tampak membawa berbagai barang-barang dan kebutuhan  lainnya untuk di kampung halaman. 

Sebelum berangkat dan dilepas Bobby Nasution mereka melakukan registrasi, kemudian mereka diberikan bingkisan dari Pemko Medan berupa makanan dan peralatan shalat.



Dalam sambutannya Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan program mudik gratis ini sudah dua kali diselenggarakan. Dimana tahun sebelumnya program mudik gratis yang digelar terselenggara atas kolaborasi stakeholder dan dana CSR. Karena antusias masyarakat yang ingin mudik tinggi, di tahun ini kita gunakan APBD dan didukung juga oleh CSR dari stakeholder.

"Kami Pemko Medan mengucapkan terima kasih atasi dukungan dan support dari teman-teman stakeholder untuk program mudik gratis di tahun ini," kata Bobby Nasution dihadapan Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Kajari Medan Wahyu, Kapolres Belawan AKBP Josua Tampubolon, Sekda Wiriya Alrahman, dan segenap Stakeholder dan Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan.

Menurut Bobby Nasution, Kota Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang dimana tempatnya warga sumatera Utara berkumpul. Pastinya banyak warga kota Medan yang masih memiliki rumah orang tua (rumah besar) yang harus dikunjungi setiap hari lebaran  untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar.

"Alhamdulillah selama beberapa tahun belakangan kita rasakan  pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan kita mudik, tahun kemarin dan tahun ini kita dapat bersilaturahmi untuk melengkapi ibadah puasa satu bulan dengan bersilaturahmi dan bermaafan dengan keluarga. Kami dari Pemko Medan menitip salam untuk keluarga di daerah masing-masing," jelas Bobby Nasution.

Selanjutnya Bobby Nasution berpesan kepada pengemudi bus yang membawa peserta mudik agar mengutamakan keselamatan, karena peserta mudik sudah ditunggu keluarganya di kampung halaman masing masing-masing.

"Saya berpesan kepada pengemudi agar mengutamakan keselamatan, santai saja tidak ada yang diburu - buru, apalagi kita gelar mudik gratis ini H-3 jadi harus utamakan keselamatan penumpang," sebut Bobby Nasution sembari meminta doa kepada seluruh masyarakat agar di tahun depan dapat kita gelar mudik gratis kembali dengan jumlah pemudik yang lebih banyak.

Sementara itu salah satu peserta mudik gratis I. Lubis, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah menggelar program mudik gratis. Ini merupakan tahun kedua bagi dirinya mengikuti mudik gratis.

"Alhamdulillah tahun kemarin saya ikut mudik gratis yang diberangkatkan di lapangan merdeka. Tahun ini kembali ikut program mudik gratis, inshaAllah jika masih ada umur di tahun berikutnya saya akan ikut program ini," jelasnya.

Atas nama pemudik dirinya meminta doa kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan jajarannya serta seluruh masyarakat kota Medan yang tidak melakukan perjalanan mudik.

"Doakan kami, semoga selamat dalam perjalanan sampai kami ke tujuan masing-masing dan bertemu kembali dengan keluarga, apalagi perjalanan mudik ini santai dan aman," ujarnya.

Sementara itu Kadishub Iswar Lubis mengungkapkan bahwa program Mudik Gratis Pemko Medan mendapat antusias dari masyarakat, hal ini dibuktikan saat dibukanya pendaftaran selama lima hari dengan Kouta 5.000 peserta. di hari pertama jumlah peserta  yang daftar sudah melebihi kouta yakni 5.294 peserta. 

Kemudian guna memastikan seluruh peserta yang sudah daftar berangkat mudik kita berikan waktu pengambilan tiket selama 4 hari. Dari jumlah peserta yang daftar hanya 110 orang yang tidak mengambil tiket.

"Jumlah peserta mudik gratis Pemko Medan tahun ini yang diberangkatkan sebanyak 5.182 orang. Pemberangkatan peserta mudik gratis dilakukan selama tiga hari. Mulai dari hari ini tanggal 19 April sampai tanggal 21 April 2023," jelas Iswar Lubis.

Iswar Lubis menambahkan di tanggal 19 April 2023, peserta mudik gratis yang diberangkatkan berjumlah 2.262 orang dengan armada bus sebanyak 57 unit. Selanjutnya untuk besok 20 April, 2.138 pemudik akan diberangkatkan dengan armada bus sebanyak 53 unit.

"Di hari terakhir pemberangkatan tanggal 21 April, kita akan memberangkatkan 780 pemudik dengan jumlah bus 20 unit. Dari tujuan mudik yang ada, tujuan paling dekat adalah Dairi, Sidikalang dan Tarutung. Sedangkan tujuan mudik yang paling jauh adalah Panyabungan dan Mandailing Natal," sebut Kadishub. (red)

Posting Komentar untuk "Bobby Nasution Berangkatkan 5.182 Peserta Mudik Gratis Pemko Medan"

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Ajak Cucu Wisata Pengenalan Satwa

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Kompol Jama Kita Purba Dipromosikan Sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Gantikan Kompol Teuku Fathir Mustafa

Batu Goncang Bukan Judi, Tetapi Hiburan Rakyat yang Sudah Mentradisi

Fakhira Nailashah Anak Musa Rajekshah, Kuliah di Inggris, Raih Prestasi Internasional

Toko Elektronik Titi Papan Hangus Terbakar

Frans Dante Ginting Dampingi Musa Rajekshah Ikut Pesta Tahunan di Kabupaten Karo

BPPJN Sumut-Pemprovsu Bersinergi Perbaiki Jalan Medan-Brastagi

Golkar Sumut Sebut Hasil Pileg Sesuai Target, Usung Kader jadi Kepala Daerah

Ruko Anggota DPRD Deli Serdang Rusak Imbas Bentrok 2 OKP di Lubuk Pakam