Mulai 29 Mei Sampai Agustus 2023, Pemprovsu Lakukan Pemutihan Pajak Kenderaan Bermotor, Pajak Progresif Dihapus


MEDAN | SATUHATISUMUT.COM
- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Gubernur Sumatera Utara nomor 188-44/340/KPTS/2023 yakni pemutihan pajak kenderaan bermotor. 

Achmad Fadly, Kepala Bapenda Sumut mengatakan program pembebasan pajak kenderaan bermotor tahun 2022 hanya mencapai 47 persen. Sementara dari pajak progressive kenderaan bermotor sebesar 9,9 persen. Sehingga tahun 2023, Pemprovsu bersama Dirlantas Poldasu, Bapenda Sumut dan Ditlantas Poldasu mensosialisasikan kembali pelaksanaan keputusan Gubernur Sumatera Utara dengan program pembebasan denda PKB dan BBNKB II, bebs pokok BBNKB II, bebas pajak progressive, bebas pokok tunggakan PKB tahun ke III dan bebas Denda SWDKLLJ untuk satu tahun yang lewat.

“Dengan peraturan Gubsu ini juga untuk menghapuskan registrasi kenderaan bermotor. Kita harapkan juga pergub ini dapat berjalan dengan baik dan kiranya awak media dapat membantu kami mensosialisasikan program ini sehingga dapat meningkatkan kemampuan pendapatan asli daerah,” tuturnya.

Fadly mengatakan bahwa ada penghapusan pajak progresif tujuannya agar dispenda memiliki up date data yang baik. Dan cukup hanya 1 nama dengan pajak single identity sehingga memudahkan pendataan. Jumlah kenderaan bermotor di Sumut dan hasil pemutihan yang dilakukan ada perubahan yang signifikan mencapai 9,9 persen.

“Kondisi saat ini target PAD dari program pembebasan denda dan pajak progressive kenderaan bermotor sebesar Rp.2,7 triliun di 2023. Untuk biaya balik nama 1,7 triliun tahun anggaran 2023 menjadi kontribusi pada tahun 2023,”pungkasnya.

Kasubdit Regident Sumut, AKBP M Aritonang menjelaskan, Sosialisasi Pelaksanan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor: 188.44/3340/KTPS/2023 tersebut adalah implementasi pelaksanaan peraturan gubernur untuk membebaskan denda pajak kenderaan bermotor (pemutihan) yang dimulai Senin, 29 Mei 2023 sampai Agustus 2023.

“Tiga instansi utama yang dipercayai mengawasi Samsat akan berupaya menaikkan pendapatan PAD dari sektor pajak kenderaan bermotor. Dimana kita sama sama ketahui bahwa sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar pajak dan tidak membayar pajak kenderaan bermotor mereka. Target kita dengan adanya pemutihan pajak kenderaan diharapkan semakin banyak lagi warga yang membayarkan pajak kenderaan mereka di tahun 2023 ini,” ujarnya.

Tamrin Silalahi ST.,MM kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut pada kesempatan itu mengaku masyarakat di Sumatera Utara harus diberi edukasi untuk menjadi warga yang taat terhadap pajak. Pemerintah, sambungnya lagi masih perlu membina agar minset mereka terbuka dan mau membayar pajak kenderaan. ” Jangan hanya menuntut hak sementara kewajiban tidak dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya. 

Program Gubsu dan Dirlantas Provsu harus didukung agar PAD Pemerintah Provinsi Sumut dapat berjalan dengan baik sehingga pembangunan di Sumut pun dapat berjalan.

” Kami selalu siap untuk mensuport. Kami juga memberikan suport membebaskan denda, tujuannya agar bisa bagaimana kepatuhan warga mencapai 75 persen tahun 2023,”sebutnya.

Acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Ditlantas Poldasu, Bapenda Sumut dan PT Jasa Raharja Cabang Sumut.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bapenda Sumut, Achmad Fadly, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut, Thamrin Silalahi, Ditlantas Poldasu yang diwakilkan Kasubdit Regident Polda Sumut, AKBP M.Aritonang, S.I.K dilangsungkan di LePolonia Hotel Medan, Jumat (27/5). (fas)

Posting Komentar untuk "Mulai 29 Mei Sampai Agustus 2023, Pemprovsu Lakukan Pemutihan Pajak Kenderaan Bermotor, Pajak Progresif Dihapus "

SATUHATISUMUT.COM

Bersama Membangun Negeri

MEDAN

PAC PP Medan Area Kurban 4 Ekor Lembu dan 7 Ekor Kambing, Bagikan 500 Kantong Daging ke Kader & Masyarakat

Satu Rumah Terbakar di Medan, 6 Orang Tewas Terpanggang

Ditunjuk Mendagri Jabat Pj Gubsu, Ini Sosok Hassanudin, Pernah Jadi Pangdam I/Bukit Barisan dan Pedagang Asongan

PK Partai Golkar Medan Sunggal Salurkan Bantuan 1,25 Ton Beras ke Masyarakat Membutuhkan

Meriahkan HUT Pemuda Pancasila ke 64 Tahun, MPW PP Sumut Gelar Baksos dan Perlombaan

Ini Sederet Prestasi Bobby Nasution Selama Menjabat Wali Kota Medan

Bacaleg Partai Hanura Janses dan Anggiat Simbolon Kolaborasi dengan Pemko Medan Gelar Gotong Royong

Syukuran HUT ke 62 Tahun, Kodrat Shah: Masih Diberkahi Berbuat yang Terbaik untuk Orang Banyak

Haru! Tangisan Ibu Warakauri Hiasi Upacara HUT 78 TNI di Kodim 0203/Langkat

Rekonstruksi Intersection Jalan Sudirman, Bobby Nasution: Itu Bukan Keramik, Pengerjaan Belum Selesai